Cara Backup GB WhatsApp ke Google Drive

Anda dapat menerapkan cara backup GB WhatsApp ke Google Drive dengan cara manual. Karena masih belum tersedia aplikasi WhatsApp mod yang dapat backup ke google grove. Melakukan backup ini sangat penting untuk mengamankan data agar dapat dipulihkan kembali jika terjadi masalah pada aplikasi.

Apa Fungsi Backup GB WhatsApp ke Google Drive?

Fungsi Backup GBWhatsApp

1. Mengembalikan Data yang Hilang

Backup adalah proses pengembalian data yang telah hilang, baik karena tidak sengaja terhapus atau karena rusak. Anda dapat melakukan backup GB WhatsApp dengan mengikuti beberapa langkah pentingnya, dengan begitu Anda tidak akan kehilangan segala macam bentuk data, baik foto atau video.

Dengan melakukan backup Anda juga akan mengembalikan data ke titik tertentu yakni pada masa lalu. Ketika salah satu media penyimpanan Anda rusak, terkena virus atau hilang Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda telah melakukan backup dan data-data penting tersebut tidak hilang dan tidak akan rusak.

2. Restore Data

Fungsi backup lainnya adalah disaster recovery plan, yakni untuk memulihkan data. Melakukan backup berarti kegiatan sedia payung sebelum hujan agar tidak ada lagi peristiwa yang tidak mengenakkan seperti data hilang, media penyimpanan terkena format atau anda terkena dampak bencana alam di sekitar.

Backup adalah kegiatan untuk menggandakan data yang akhirnya memang dapat menghabiskan kapasitas media penyimpanan. Namun saat ini telah ditemukan berbagai macam teknologi canggih seperti deduplikasi atau kompresi yang berguna untuk mengefisienkan penyimpanan data terutama backup.

Mengenal Bagian-bagian Backup

Backup adalah fasilitas yang mempunyai komponen dari sebuah sistemnya. Salah satu komponen itu adalah  terdiri dari software backup, yakni sebuah software yang dapat memproses backup.

Selain itu, juga terdapat komputer yang berisikan data yang akan dibackup, komputer tersebut sering disebut client backup. Anda juga akan menemukan server backup yakni sebuah server yang digunakan untuk mengatur proses backup seperti pengaturan jadwal dan pengaturan lainnya.

Juga terdapat mesin backup yang merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi back up data yang telah Anda upload di google drive. Mesin backup sendiri adalah mesin yang nantinya akan berfungsi sekali sebagai penentuan jenis media backup yang akan digunakan.

Backup juga memiliki berbagai jenis strategi dan skema ketika melakukan backup atau penggandaan file. Komponen tersebut tentunya berada pada backup dan bagian fiturnya.

Jenis-Jenis Backup

Jenis-jenis Bachup Data

1. Full Backup

Salah satu dari tiga jenis strategi atau skema ketika melakukan backup adalah full backup. Nantinya seluruh data yang masuk ke backup akan dibackup pada waktu yang telah ditentukan. Strategi tersebut adalah jenis strategi yang paling simpel dan mudah. Waktu yang Anda butuhkan sangat singkat dan cepat.

Karena strategi yang digunakan berguna untuk menyalin seluruh file dari suatu sistem ke dalam media backup lainnya. Full backup merupakan sebuah salinan lengkap dari data atau file yang telah dimiliki oleh suatu sistem komputer. Full backup ini adalah sistem yang terdapat pada sebuah disk.

File yang sangat berkaitan dengan sistem operasi selain file user juga terdapat di dalam full backup. Full backup adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan agar data yang berada di GB WhatsApp tetap aman dan tidak hilang. Data yang telah dibackup ke google Drive tersebut juga tidak akan mengalami kerusakan.

2. Incremental Backup

Tiga strategi backup selanjutnya adalah incremental Backup, strategi yang satu ini tentunya berbeda dengan strategi sebelumnya. Pada strategi ini terdapat perubahan data yang akan dibackup pada waktu yang telah ditentukan.

Strategi jenis ini adalah sebuah strategi backup yang paling sering diminati. Sebuah sistem backup hanya akan menyalin berbagai macam file atau data yang telah berubah sejak backup sebelumnya.

Strategi incremental Backup adalah strategi yang sangat baik dipakai saat skema full backup sangat berat karena file yang terlalu banyak atau memori yang digunakan telah tidak sanggup.  Terdapat sebagian kecil data yang berubah setiap harinya pada tipe jenis ini.

Apabila Anda melakukan backup hanya dikhususkan pada data atau file yang kecil akan jauh lebih cepat dibanding harus melakukan full backup. Oleh karena itu alasannya mengapa incremental Backup lebih baik ketimbang full backup.

3. Differential Backup

Differential Backup merupakan strategi backup yang setiap ada perubahan data dibackup secara berlanjut hingga beberapa lama. Contohnya adalah backup data yang dimulai hari Rabu, maka perubahan data pada hari Rabu akan secara otomatis dibackup. Hal ini terus berlanjut hingga hari-hari berikutnya dan berkala.

Ketika hari ini Anda telah menggunakan backup jenis ini maka backup keesokan harinya adalah backup gabungan antara hari ini, hari kemarin, hari kemarin lusa dan seterusnya. Backup Differential ini adalah tipe terbaik dari ketiga jenis strategi lainnya, oleh karenanya Anda dapat menjadikan tipe ini pilihan.

Cara Backup GB WhatsApp ke Google Drive

Cara Backup GBWhatsApp ke Google Drive

Backup adalah menyimpan segala data yang berkaitan dengan GB WhatsApp termasuk pesan dan lainnya, agar tetap ada dan data tidak terhapus. Backup mudah dilakukan jika Anda mengerti caranya, cara manual untuk melakukannya juga mudah dipelajari. Simak cara manual backup GB WhatsApp ke Google Drive.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi GB WhatsApp Anda.
  • Setelah itu Anda dapat mengunjungi tanda titik tiga di pojok kanan atas. Ketuk lainnya, lalu kunjungi setelan, dan pilih menu chat.
  • Pada menu chat, Anda dapat pergi ke cadangan chat dan ketuk tombol cadangkan chat.
  • Tunggulah proses cadangkan pesan tersebut hingga full 100 persen.
  • Setelah itu Anda dapat membuka file manager yang terdapat di ponsel Anda. Carilah folder backup GB WhatsApp yang ada pada penyimpanan internal. Anda dapat mengetuknya dan ditahan, pencet lainnya dan lakukan kompres pada file tersebut.
  • Setelah dikompres, nantinya file tersebut akan berubah menjadi format Zip, dengan begitu Anda dapat menguploadnya ke google Drive.

Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi yang sangat baik pada saat melakukan upload file ini. File WhatsApp Anda tidak akan menghilang dan dapat dipulihkan kapan saja.

  • Kelebihan Backup GB WhatsApp

Dengan Backup GB WhatsApp ke Google Drive maka Anda akan mendapat berbagai macam kelebihan. Salah satunya adalah menyimpan kembali serta dapat mengunduh file backup whatsapp ke penyimpanan ponsel.

Anda juga dapat dengan mudah menemukan serta melihat backup whatsapp di google drive.  Kelebihan lainnya yang seringkali tidak disadari adalah proses upload yang cenderung lebih cepat.

Hal ini terjadi karena koneksi internet yang digunakan tidak dibatasi sebagaimana pada WhatsApp messenger. Seluruh data anda akan dapat diambil secara praktis, mudah, dan gratis kapan saja dan di mana saja.

  • Kekurangan Backup GB WhatsApp

Faktanya GB WhatsApp juga mempunyai berbagai macam kekurangan pada saat diupload ke google drive. Beberapa kekurangannya adalah kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh google Drive berkurang.

Anda juga tidak dapat melakukannya dengan sekali klik, sebagaimana pada WhatsApp messenger. File GB WhatsApp adalah fitur yang tidak bisa ditindih atau ditumpangi. Dengan kata lain, Anda harus terlebih dahulu menghapus file backup yang lama jika ingin memperbarui file backup yang baru.

Hal ini juga dilakukan untuk menghemat penyimpanan pada google Drive atau akun google Anda. Perlu diketahui bahwa Google Drive dengan akun google menyediakan kuota hingga 15 GB, kuota tersebut hanya tersedia untuk satu akun saja.

Jadi, ketika Anda login ke akun baru maka Anda akan mendapat 15 GB ruang. Pihak ketiga yang mengoptimalkan GB WhatsApp tentunya juga mengetahui isi dari WhatsApp.

Cara Restore GB WhatsApp

Cara Backup GB WhatsApp ke Google Drive

Proses pemulihan data yang telah dibackup adalah restore, tujuannya adalah untuk mengembalikan seluruh data. Data tersebut meliputi, chat, video, gambar, file dan dokumen yang ada pada WhatsApp sebelumnya. Cara mengembalikannya cukup mudah dan terhitung sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Cara pertama adalah dengan menginstal GB WhatsApp, membukanya dan menyetujui seluruh persyaratan yang diajukan.
  • Setelah itu Anda dapat menekan tombol salin data WhatsApp, setelah itu akan muncul masukkan nomor HP. Tunggulan hingga proses verifikasi selesai, baik verifikasi melalui telepon atau SMS.
  • Selanjutnya Anda dapat memasukkan nama pengguna dan melakukan upload profil sesuai selera.
  • Setelah kegiatan tersebut biasanya akan muncul sebuah pemberitahuan jika pencadangan telah berhasil ditemukan.
  • Anda dapat menekan tombol yang bertuliskan pulihkan, lalu tunggulan proses restore hingga selesai. Tap tombol lanjut jika ingin melanjutkan
  • Anda sebagai pengguna WhatsApp GB telah siap menggunakan beserta seluruh riwayat chatting, baik gambar, video, audio dan file dokumen.
  • Anda dapat dengan mudah mengulangi backup dari WhatsApp ke Google Drive dengan mengulangi langkah tersebut.

Manfaat Melakukan Backup

Apabila secara rutin melakukan backup data maka terdapat berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh oleh pemiliknya. Manfaat tersebut tentunya sangat berguna baik di masa sekarang, masa mendatang dan masa selanjutnya. Selain sebagai pengingat juga sebagai cadangan data yang bermanfaat.

  • Sebagai sebuah tindakan pencegahan terhadap data yang di masa depan akan lost file, hilang, terhapus, terbanned, terkena virus, rusak, atau kembali ke kondisi sebelumnya.
  • Backup dapat memberi kemudahan untuk melakukan akses file secara cepat. Hal ini disebabkan oleh data yang tersedia dengan cepat setelah terjadi insiden keamanan seperti application error, hardware failure dan sebagainya. Saat cadangan data telah ada maka data tersebut akan berguna.
  • Backup dapat secara tidak langsung melindungi perangkat dari kehilangan daya. Anda dapat membuat cadangan data secara berkala untuk menghindari beberapa kejadian yang tentunya tidak diinginkan.
  • Backup bermanfaat untuk pemulihan sistem operasi yang gagal, baik karena kerusakan pada komputer yang dapat saja terjadi karena sistem operasi yang gagal memproses program. Atau pengalokasian ruang memori yang kurang tepat.
  • Backup adalah kegiatan evaluasi yang digunakan untuk segala hal, baik dalam pekerjaan, atau keperluan tertentu.
  • Backup juga memudahkan para penggunanya untuk memindahkan data ke lokasi tujuan yang tentunya memerlukan data tersebut untuk kegiatan tertentu.
  • Backup adalah kegiatan yang sangat berguna untuk Anda baik di masa sekarang, masa depan atau ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah ulasan mengenai cara backup GB WhatsApp ke Google Drive. Simak juga berbagai ulasan lainnya di Amojy.com, sampai jumpa dan terimakasih.

Leave a Comment