Review Samsung Galaxy A50s | Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Review Samsung Galaxy A50s – Samsung Galaxy A50s masih memiliki desain minimalis sederhana dan kualitas build yang solid dari A50 dengan desain geometris baru di bagian belakang.

Merek Samsung telah mengubah jajaran ponsel kelas menengahnya dengan varian ponsel baru. Hak ini termasuk Galaxy A50 yang populer.

Meskipun tidak banyak yang berubah dari Samsung Galaxy A50, namun perubahan utama pada seri A50s seperti kamera 48MP dan prosesor yang lebih baru ke perangkat sangat berkualitas.

Harga Samsung A50s di Indonesia

Toko Online Harga Rata-rata
Shopee Rp3.000.000
Bukalapak Rp3.300.000
JD.ID Rp3.100.000
Tokopedia Rp2.900.000
Blibli Rp3.000.000
Lazada Rp 3.100.000

Hingga kini harga Samsung A50s bervariasi dari setiap e-commerce. Namun harga rata-rata untuk produk tersebut dapat dicek pada daftar di atas.

Spesifikasi

Nama Model Samsung A50s
Dimensi 158.5 x 74.  5 x 7.7
Tipe Produk Smartphone
Luas layar 6,4 inci
Sistem OS Android 9 Pie (bisa diupgrade) dan tersedia One UI 2.5
Kapasitas Memori 4 GB + 64 GB

6 GB + 128 GB

Micro SD up to 512 GB

Kamera Kamera utama

Triple 48 MP

Wide 8 MP

Ultrawide 5 MP

 

Kamera depan

Wide 32 MP

Fitur Unggulan NFC Samsung

USB Tipe C

Dual SIM stand by

Sidik jari

Kapasitas Baterai 4000 mAh, fast charger

Untuk keterangan lebih detail bisa dilihat di website resmi samsung.com

Review Samsung Galaxy A50s

Review Samsung Galaxy A50s
Review Samsung Galaxy A50s

Jika Anda ingin membeli suatu barang, tentunya akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja yang ada di barang tersebut, sama halnya dengan smartphone Samsung Galaxy A50s ini. Berikut reviewnya.

  • Desain Samsung A50s

Desain Samsung Galaxy A50s
Sumber gambar : gadgetren.com

Saat pandangan pertama, pengguna akan menemukan fakta bahwa Samsung A50s ramping serta mudah dipegang meskipun memiliki ukuran lebar. Hal yang menarik adalah tampilan Infinity-U. Selain itu terdapat sudut layar sengaja bulat.  Ia mwmpunyai dagu  tebal sementara sisi batas atas tetap nampak sempit.

Tepinya sangat sedikit melengkung slightly. Panel belakang telah di-tweak untuk menyertakan desain seperti prisma yang hanya menonjolkan warna reflektif. Pengguna tentu kewalahan untuk menjaganya tetap bersih karena bagian belakang rentan terhadap kerusakan. Adapun dimensi dari smartphone ini cukup lebar dengan beratnya 166 gram.

Desain dari tampak belakang dan samping pada ponsel ini menyesuaikan antar sisi. Selain keaan mengkilap yang dihadirkan. Ponsel ini juga menawarkan desain tampak samping yang praktis bagi pengguna untuk memasukkan kartu SIM dengan mudah. Tidak hanya itu, bagian belakang di sisi fitur kamera juga ada LED. Ini merupakan hal umum pada setiap ponsel yang tidak boleh dilewatkan

  • Screen

Layar Samsung Galaxy A50s
Sumber gambar : gadgetren.com

Merk terkenal ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan layarnya. Tawaran amoled pun tidak bisa dikesampingkan jika berbicara tentang ponsel. Layarnya cerah, warnanya tajam dan pengalaman menontonnya cukup menyenangkan.

Selain itu ponsel Samsung A50s memiliki sensor yang tertanam di dalam layar, tetapi ini bukan kualitas terbaik sejauh ini. Pengenalan wajah juga bukan yang paling berkembang, karena ponsel perlu beberapa detik untuk membuka kuncinya.

  • Software

Ponsel besutan Samsung yang terkenal satu ini mempunyai performa perangkat lunak kualitas bagus. Ia mengalami kenaikan performa berdasarkan perbandingan versi sebelumnya. Hal tersebut adalah poin positif dari ponsel satu ini.

Prosesor dengan mudah memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas pada aplikasi media sosial, aplikasi pengeditan foto, game berat, dan fotografi. Kalau ingin kinerja maksimal di permainan atau game, pengguna bisa mengunduh booster.

  • Kamera

Kamera Samsung Galaxy A50s
Review Samsung Galaxy A50s

Titik perhatian dari samsung A50s juga berada di fitur yang satu ini. Kali ini, di sini Samsung telah memutuskan untuk mengusung kamera 48MP ke seri-A. Pengguna tidak perlu khawatir dengan besaran piksel yang lain karena menyeimbangkan hasil fotografi yang maksimal. Samsung A50s dapat diandalkan dari segi kamera.

Aspek fungsional dari A50s pun tidak diragukan dengan fitur, fokus langsung, pro, pengoptimal pemandangan. Pengguna akan terkesan langsung karena kameranya memiliki deteksi tepi akurat.  Gambar yang diklik memiliki detail yang tajam, aplikasi mencerahkan dan juga membersihkan gambar. Kamera selfie 32 MP tentu bukan ukuran yang biasa saja karena kualitasnya.

  • Gaming

Samsung A50s juga dilengkapi mode permainan untuk membantu mendapatkan kinerja terbaik dalam permainan yang membutuhkan banyak sumber daya.

Ponsel ini dapat menjalankan grafik HDR pada kecepatan bingkai Ultra pada game PUBG. Namun sauyangnya, telepon mulai mengeluarkan panas yang nyata dan kecepatan bingkai menurun.

Maka dibutuhkan teknik lain agar lebih lancar bermain game. Menurunkan grafik ke HD akan memberikan pengalaman menarik dan berkualitas yang lancar.  Perhatikan bahwa pengguna juga dapat bermain pada speed yang sangat cepat, jika mengatur grafik menjadi halus.

Baca juga : Samsung Galaxy S10 Review 

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan

Samsung A50s terlihat mengesankan, dan mendapat skor pada banyak parameter, terutama kinerja.  Kamera 48MP memang mengambil beberapa bidikan siang hari yang sangat bagus. Adanya chipset Exynos 9611 semakin memperkuat kualitas Samsung. Adapun yang menjadi titik kualitas selanjutnya adalah kapasitas kartu SD yang mencapai 512 GB.

  • Kekurangan

Samsung Galaxy A50s hadir dengan masalah sensor. Sensornya tidak sama dengan smartphone Samsung kelas atas, oleh karena itu pengguna akan mendapatkan beberapa masalah dengan akurasi sidik jari.

Kekurangan kamera depan ponsel ini tidak mempunyai LED yang membuatnya kurang maksimal. Fitur teraebut dapat membantu mengambil foto selfie lebih terang, tetapi ponsel ini tidak memiliki lampu kilat LED depan.  Namun, pengguna tetap bisa menggunakan lampu layar untuk membantu pengambilan foto selfie menggunakan kamera depan saat situasi terlalu gelap.

Selain itu ponsel ini juga tanpa sinar Inframerah (IR).  Inframerah biasanya digunakan untuk menghapus fungsi kontrol.  Oleh karena itu kita tidak dapat menggunakan ponsel ini sebagai remote control, seperti televisi atau AC atau beberapa perangkat lainnya.

Kekurangan Samsung A50S juga terletak pada baterai yang tidak dapat dilepas.  Bodi ponsel ini adalah uni-body, oleh karena itu baterainya tidak dapat dilepas.  Jika pengguna memiliki masalah dengan baterai, maka disarankan untuk membawa ponsel ini ke pusat layanan resmi Service Center. Pada umumnya pusat layanan ini mudah diakses di kota-kota besar.

Kesimpulan Review

Kesimpulan Review Samsung Galaxy A50s
Review Samsung Galaxy A50s | Sumber gambar : gadgetmatch.com

Smartphone varian Samsung A50s merupakan ponsel yang menarik. Adanya aspek kualitas kamera, boduy, dan CPU yang digabung menjadi bodi yang ramping namun terlihat modern. Samsung A50s mendapat acungan jempol di hampir semua hal, kecuali sisi finger print.

Tetapi sebagai peningkatan, perbedaan antara A50 dan A50 dapat diabaikan. Tentu saja gap utama diantara varian ini adalah segi fitur kameranya,.  Dalam beberapa bulan yang memisahkan peluncuran A50 dan A50s, dunia teknologi bergerak kearah yang semakin maju.

Samsung membuat pengguna berharap ponsel ini juga mengambil versi pengisian cepat yang lebih baru, sensor sidik jari, dan mungkin GPU yang sedikit lebih kuat, yang belum  belum diubah sama sekali.

Nah, itulah ulasan review Samsung Galaxy A50s yang wajib diketahui sebagai pecinta smartphone. Ponsel ini tentu bisa menjadi pilihan pengguna yang ingin memaksimalkan kinerja kamera dalam hal fotografi. Untuk harga 3jutaan, tentu Samsung A50s patut dijadikan wish list.

 

Leave a Comment