Review iPhone 7 | Spesifikasi & Harga

Review iPhone 7 – Meski telah memasuki pertengahan tahun 2021, harga iPhone terbaru Apple masih semahal sebelumnya. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi minat mayoritas pecinta Iphone.

Seperti misalnya iPhone 7 yang rilis pada tahun 2016 tetap disukai hingga kini. Ponsel besutan Apple tersebut tentu saja masih menjadi primadona. Apalagi yang memiliki budget menengah ke bawah.

Jika ingin membeli iPhone yang terjangkau, iPhone 7 masih merupakan salah satu pilihan terbaik. Dirilis lebih dari 4 tahun yang lalu, ponsel ini mungkin sedikit ketinggalan zaman.

Tetapi ia masih menjadi pilihan utama dan populer. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat fitur dan kelebihan yang dimilikinya dapat bersaing di pasar.

Harga iPhone 7 di Indonesia

Toko Online Rata-rata Harga
Shopee Rp2.550.000
Blibli Rp2.400.000
JD.ID Rp2.350.000
Bukalapak Rp2.100.000
Lazada Rp2.600.000

Harga dari iPhone 7 cenderung bervariasi tergantung dari toko online yang dipilih. Namun list di atas dapat dijadikan gambaran umum ketika ingin membeli iPhone 7.

Spesifikasi

Model iPhone 7
RAM 2 GB
Prosesor Apple A10 Fusion
Storage 32 GB
Ukuran Display 4.70 inci (750 x 1334)
OS iOS 10
Kapasitas Baterai 1960 mAh
Kamera 7 MP / 12 MP
Tahun Rilis 2016

Fitur Unggulan iPhone 7

Review iPhone 7
Review iPhone 7
  • Desain dan Konektivitas

IPhone 7 bukanlah lompatan besar dalam desain dari generasi sebelumnya. Sebaliknya, desainnya lebih merupakan evolusi. Desainnya menerima sedikit perubahan, seperti punuk yang lebih ramping di sekitar lensa kamera dan warna. Ia disebut dengan variasi Jet Black. Namun sebagai salah satu warna iPhone paling langka, opsi Jet Black dihentikan pada tahun berikutnya. Kemungkinan karena rentan terhadap goresan.

Warna iPhone 7 lainnya bervariasi dari warna perak, emas, emas mawar, dan hitam matte. IPhone 7 dan 7 Plus juga dilengkapi speaker stereo, yang mendorong suara keluar dari bagian bawah ponsel dan melalui lubang suara. Meskipun efek stereo sedikit tidak seimbang yakni speaker bawah jauh lebih keras. Namun iitu membantu volume keseluruhan, memberikan lebih banyak suara ke telinga pengguna.

IPhone 7 terasa kokoh, bisa dibilang lebih kokoh dari iPhone 6S generasi sebelumnya. Ini mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa ia water resistan. Hal ini membawanya menjadi peringkat masuknya IP67. Itu berarti iPhone 7 dapat bertahan hingga 30 menit sepenuhnya terendam dalam air sekitar 3 kaki. Sangat mengesankan untuk ponsel yang telah lama rilis.

Tombol home iPhone 7 juga bukan lagi tombol fisik, artinya tidak benar-benar bergerak. Sebaliknya, iPhone menggunakan Taptic Engine generasi kedua untuk mensimulasikan klik tombol. Ini juga membuat iPhone 7 mampu menghasilkan umpan balik yang jauh lebih tepat, mensimulasikan klik saat menggunakan fitur seperti 3D Touch.

Sensor sidik jarinya sangat cepat, pengguna dapat meletakkan jari di atas sensor. Hal tersebut membuat Touch ID menyenangkan untuk digunakan dan merupakan fitur yang sangat dirindukan pada iPhone yang lebih baru.

  • Perangkat Input

iPhone 7 merupakan generasi yang menghapus peretasan headphone. Ia membutuhkan dongle untuk mendengarkan musik melalui port pengisian daya Lighting. Meskipun mungkin tidak terdengar seperti masalah besar, penggunanya akan membawa dongle kapan pun ingin menggunakan headphone berkabel. Opsi lainnya adalah menggunakan headphone Bluetooth nirkabel (Apple AirPods).

  • Tampilan – Layar

Tampilan Layar iPhone 7
Review iPhone 7

Layar iPhone 7 dan 7 Plus berukuran sama dengan model tahun sebelumnya. Yakni berukuran 4,7 inci dan 5,5 inci. Tetapi sekarang 25% lebih cerah dan menampilkan rentang warna yang lebih luas. Meskipun mungkin hanya akan terlihat saat memegang iPhone 7 berdampingan dengan pendahulunya, ini lebih terlihat saat melihat foto yang diambil dengan kamera iPhone 7. Retina display juga tetap memiliki resolusi yang sama dengan model tahun sebelumnya. Dengan iPhone 7 dilengkapi dengan layar 720p, dan iPhone 7 Plus mengusung layar full HD 1080p.

Tentu saja Apple telah membuat langkah besar dalam teknologi tampilan. Selama bertahun-tahun, iPhone yang lebih baru menampilkan layar resolusi yang jauh lebih tinggi yang membentang ke keempat sudut telepon. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar dalam bodi yang tidak jauh lebih besar dari iPhone 7.

  • Performa dan Prosesor

Baik iPhone 7 dan 7 Plus memiliki chip A10 Fusion Apple . Ini adalah prosesor quad core pertama Apple yang memiliki dua core berkinerja tinggi. Dua core berdaya rendah yang menggunakan lebih sedikit daya baterai untuk meningkatkan masa pakai baterai.

IPhone 7 telah bekerja cukup baik, dan bahkan pada tahun 2021 kinerjanya masih terasa tajam dan cepat. Sementara iPhone 7 masih mengusung RAM 2GB yang sama dengan iPhone sebelumnya. Namun iPhone 7 Plus dibekali RAM 3GB. Ini sangat membantu dengan multitasking sebagai salah satu fitur terbaik iOS. Ia membuat pengguna melanjutkan aplikasi yang dibuka dengan cepat tanpa harus memuat ulang.

  • Kinerja Sistem

Ketika iPhone 7 dpertama kali diluncurkan pada tahun 2016, ia menjalankan iOS 10. Sudah beberapa tahun sejak itu, ada beberapa pembaruan platform utama. Saat ini, perangkatnya masih 100% didukung oleh Apple dan menjalankan perangkat lunak iOS 13 terbaru. iOS 13 memperkenalkan fitur-fitur seperti mode gelap sistem lebar, alat pengeditan foto dan video baru, beberapa aplikasi stok yang dirubah.

Baru-baru ini iPhone 7 diperbarui ke iOS 14 , versi terbaru dari sistem operasi seluler Apple. Fitur baru termasuk layar beranda yang didesain ulang dengan widget, Perpustakaan Aplikasi, video gambar-dalam-gambar, panggilan telepon yang didesain ulang, semua aplikasi Terjemahan baru, dan beberapa fitur iMessage baru.

  • Kamera

Kamera iPhone 7
Review iPhone 7

IPhone 7 adalah iPhone berukuran biasa pertama yang memperkenalkan optical image stabilization (OIS) perangkat keras. Hal ini pernah disediakan untuk model berukuran Plus yang lebih besar dan sesuatu yang kurang dari iPhone 6S sebelumnya. Di bagian belakang ada sensor 12 megapiksel yang ditingkatkan dan menangkap lebih banyak warna. Ia berjalan bersama dengan lensa aperture f/1.8, dan Focus Pixels.

Selain itu Flash True Tone ditingkatkan dengan empat LED yang 50% lebih terang dari model sebelumnya. Ia menggunakan kombinasi pencahayaan hangat dan dingin untuk menghasilkan fotografi flash yang lebih alami. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 7MP dengan lensa aperture f/2.2 yang mampu merekam video 1080p.

Baca juga : Review iPhone SE 2020

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7

Kelebihan

  • Harga terjangkau
  • Kamera untuk fotografi yang jernih
  • Bodi yang kokoh
  • Fitur dan tampilan yang menyesuaikan perkembangan

Kekurangan

  • Terlalu banyak bezel
  • Pilihan warna yang sedikit
  • Penyimpanan cukup kecil

Kesimpulan Review iPhone 7

iPhone 7 pasti masih layak dibeli pada tahun 2021. Benar-benar sesuai dengan harapan pecinta Apple. Meskipun mereka jauh dari iPhone terbaru (seperti iPhone 12 Mini atau iPhone 12 ), dan mereka tidak memiliki beberapa fitur baru yang akan ditemukan di iPhone 8 dan 8 Plus, namun ia menang di segi harga. Dengan kata lain, iPhone 7 dan 7 Plus merupakan pilihan bagus bagi siapa saja yang hanya membutuhkan dasar-dasarnya.

iPhone 7 cocok bagi yang ingin membelikan handphone untuk anak atau mencari iPhone pengganti yang murah. Cukup menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera saja, maka ponsel idaman bisa didapatkan.

Nah, cukup sekian semoga ulasan review iPhone 7 di atas dapat membantu.

Leave a Comment