Logitech G413 Review : Mechanical Gaming Keyboard

Logitech G413 Review  – Logitech G413 Carbon bukan keyboard yang paling mahal, tetapi juga bukan varian yang paling terjangkau.  Serial G413 hadir sebagai keyboard gaming mekanis kelas menengah.

Ia adalah mesin ketik tanpa bingkai dengan semua dasar yang dibutuhkan gamer untuk memainkan game PC terbaru.

Harga dari keyboard mekanis telah menjadi sangat terjangkau selama beberapa tahun belakangan ini.  Bahkan beberapa keyboard terbaik dapat ditemukan dengan harga cukup murah.

Logitech G413 Review
Logitech G413 Review

Semakin banyak variasi untuk keyboard mekanis, maka semakin baik kualitas build dan fitur yang akan hadir.  Hal inilah yang memberi vendor seperti Logitech ruang gerak untuk mengambil jalan pintas dan menawarkan keyboard berkualitas dengan harga lebih murah.

Logitech meluncurkan G413 Carbon dengan harga 1 jutaan saja.  Untuk keyboard mekanis dengan sakelar bermerek, rate harga tersebut sangatlah wajar.

Pelanggan dapat menemukan keyboard Logitech G413 dengan harga sekitar 900 ribuan di toko online tertentu.

Harga Logitech G413 di Indonesia

Toko Online Harga Rata-rata
Shopee Rp1.000.000
Bukalapak Rp960.000
JD.ID Rp1.099.000
Tokopedia Rp1.100.000
Blibli Rp1.200.000
Lazada Rp1.100.000

Hingga kini harga Logitech G413 bervariasi dari setiap e-commerce. Namun rate harga rata-rata untuk produk tersebut dapat dicek pada daftar di atas.

Spesifikasi

Nama Model Logitech G413
Perangkat Kompatibel PC
Tipe Produk Keyboard
Dimensi 17.5 x 5.2 x 1.3 in
Sistem OS yang Mendukung Microsoft Windows 7 / 8 / 8.1 / 10
Tipe Key Switch Romer-G
Teknologi Keyboard Mekanikal
Fungsi Tombol Keyboard Game Mode, Multimedia, Kontrol Cahaya Belakang, Program
Konektivitas USB 2.0

Untuk detail spesifikasinya Anda bisa mengunjungi website resmi Logitech, disini

Logitech G413 Review

Review Keyboard Logitech G413
Review Keyboard Logitech G413

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam membeli suatu barang adalah buru-buru membelinya tanpa mengetahui detail dari barang itu sendiri. Kebanyakan buyer hanya tergiur oleh tanpilan luarnya saja.

Keyboard Logitech G413 juga menawarkan tampilan luar yang menarik, karena itu ada baiknya sebelum menetapkan pilihan pada keyboard ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa ulasan review Logitech G413 berikut.

  • Desain Logitech G413

Dalam hal desain dan tata letak, G413 menawarkan hal yang standar seperti keyboard gamer pada umumnya. Pada keyword terdapat F7 hingga F12 dan Print Screen, Scroll Lock dan Pause yang memiliki fungsi ganda dan dapat diaktifkan dengan menekannya bersama dengan tombol Fn yang ada di sebelah tombol Alt Gr.

Adapun fungsi tambahannya adalah untuk kecerahan lampu latar, mode Game (mematikan tombol Windows dan tombol lain yang dipilih), play/pause, stop, rewind, skip, mute dan volume up and down.

Hal ini adalah cara yang baik untuk memasukkan tombol media ke keyboard tanpa menghabiskan lebih banyak ruang untuk tombol atau rol tambahan

Namun tentu saja pengguna harus menggunakan tombol Fn dengan kombinasi software. Untuk menggunakannya, install terlebih dahulu perangkat lunak Gaming Logitech untuk menjadikannya fungsi default (tidak diperlukan tombol Fn) dan itu akan membuatnya lebih simpel.

Ada passthrough USB di bagian belakang, yang bisa digunakan untuk headset gaming tanpa kendala. Semuanya disalurkan melalui kabel jalinan berkualitas ke dua konektor USB di ujung lainnya. Meskipun tidak ada passthrough 3,5mm, tetapi untuk keluaran 2017 itu adalah hal yang wajar.

Adapun desain kedua kaki tampak kokoh dan papan keyboard tidak mudah bergerak selama digunakan. Namun tidak terdapat lampu indikator Num Lock pada keyboard itu sendiri.

Pada bagian keyboard terdapat lampu Caps Lock dan lampu mode Game, tetapi Num Lock hanya ditandai dengan grafik singkat di layar. Jika membeli satu set Logitech G413, maka akan mendapatkan beberapa kunci tambahan: Q, W, E, R, A, S, D, 1, 2, 3, 4 dan 5.

  • Performa Logitech G413

Logitech telah memilih untuk menggunakan sakelar kunci Romer-G-nya sendiri di sini.  Meskipun hal ini mungkin mengecewakan penggemar Cherry, namun terdapat karakteristik unik Romer-G.

Hal ini dikarenakan mereka menawarkan perpaduan ideal antara kenyamanan, daya tanggap, dan clacky-ness yang membuat keyboard ini sempurna untuk bekerja dan bermain game.

Untuk penggemar angka, Romer-G memiliki kekuatan aktuasi 45g, yang cukup standar di sebagian besar sakelar.  Namun, ini terasa lebih berat berkat beberapa redaman yang cukup agresif  pada keyboard setelah titik aktuasi (saat di mana penekanan tombol terdeteksi). Hal inilah yang menghentikan sakelar dari posisi terbawah dalam keadaan pemakaian normal.

  • Software Logitech G413

Pengguna disarankan untuk mengunduh program Logitech Gaming Software sebelum menggunakan keyboard ini.

Tujuan dari software tersebut adalah untuk membuka berbagai opsi, termasuk menambahkan makro tambahan ke tombol, membuat profil khusus untuk game, memilih tombol mana yang dinonaktifkan Mode Game, dan mengubah kecerahan lampu latar dengan lebih tepat.

Namun hal yang mengecewakan adalah pengguna tidak dapat mengaktifkan ataupun menonaktifkan lampu latar tombol tertentu, yang dapat dilakukan oleh banyak keyboard game versi lain. Namun tentu saja secara keseluruhan, ini adalah perangkat lunak bagus yang melakukan semua hal yang  diharapkan oleh penggunanya.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan pada keyboard Logitech G413:

Kelebihan

  • Lampu latar kunci penuh dengan LED pusat yang menarik
  • Desain body keyboard yang cantik
  • Perangkat lunak LGS yang bekerja dengan optimal
  • USB pass-through
  • Perutean kabel di bawah keyboard sehingga membuat pemakaian menjadi lebih nyaman
  • Kunci mekanis Romer-G yang cocok untuk keyboard gaming
  • Fn key inversi
  • 26 key roll over
  • Kualitas yang tidak diragukan oleh Logitech

Kekurangan

  •  Tidak ada USB 3.0 sehingga masih menggunakan USB 2.0
  •  Pilihan pencahayaan terbatas (tidak bervariasi)

Kesimpulan Review Logitech G413

Murah namun cukup berkualitas.  Itu adalah dua kata yang dapat digunakan dengan tepat untuk menggambarkan Logitech G413.

Hadirnya sakelar kunci Romer-G milik mereka terasa menyenangkan untuk mengetik dan merespons dalam sekejap mata saat terlibat dalam permainan favorit para gamer.

Selain itu hadirnya teknis tersebut ada bersama dengan opsi desainnya untuk menempatkan LED di tengah tombol mekanis dengan lampu latarnya yang cemerlang.

Pada bagian desain, terdapat pelat muka aluminium-magnesium ramping yang dipadukan dengan bagian bawah bodi mobil plastik hitam. Sensor pencahayaan LED putih terlihat sangat baik dan cocok untuk semua ruang kerja.

Meskipun USB pass-through hanya menggunakan standar 2.0, ini bukan masalah dalam banyak kasus penggunaan. Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka ditutupi dengan gagasan untuk mouse, adaptor headset atau drive USB kecil.

Jika ada USB 3.0 mungkin akan lebih bagus tetapi tentu saja perangkat teknis yang digunakan telah mempertimbangkan berbagai hal dalam faktor produksi pasar.

Kurangnya tombol Makro khusus mungkin akan mengecewakan untuk beberapa pemain game, tetapi perangkat lunak LGS yang luar biasa memungkinkan Anda untuk menetapkan makro ke tombol yang tidak digunakan.

Selain itu perangkat lunak LGS juga akan mengesankan pengguna yang mendengarkan musik di PC mereka, bersamaan dengan kemampuan untuk membalik tombol Fn, mengubah tombol tersebut menjadi tombol media langsung.  Sangat mengesankan dan efektif.

Pengemasan dan ekstra key tambahan yang disertakan telah dijaga seminimal mungkin, dalam mengejar langkah-langkah penghematan biaya untuk menjaga Logitech G413 di bawah ambang batas harga pasar.

Adanya penyertaan tombol permainan tambahan adalah pilihan yang sangat tepat  oleh Logitech untuk menarik minat pengguna. Dengan rate harga 1.2 maka Logitech G413 sudah bisa diorder melalui e-commerce manapun.

Itulah sekilas ulasan mengenai Logitech G413 Review, semoga dapat membantu.

Baca juga : Logitech Z625 Speaker Review

Leave a Comment