Lenovo IdeaPad 330 Review Lengkap

Lenovo IdeaPad 330 Review – Lenovo telah memperkenalkan IdeaPad 330-15IKB. Perangkat ini adalah laptop kantor berukuran 15,6 inci. Keunggulannya secara umum terletak pada kualitas yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dual-core, SSD yang gesit, dan RAM DDR4 8 GB yang berjalan dalam mode saluran ganda.

Lenovo menggunakan nama “IdeaPad 330” untuk notebook 14, 15, atau 17 inci yang terjangkau dengan berbagai pilihan konfigurasi. Kisaran harganya bervariasi mulai dari 5 juta.

Dengan demikian pengguna memiliki banyak opsi konfigurasi. Pertimbangan yang mungkin sangat beragam dan model ini membuat pembeli sering kali hanya dapat membedakan berdasarkan namanya.

Review kali ini lebih terfokus pada satu unit variasi Lenovo IdeaPad 330 Ryzen 3. Unit yang saat ini disebut “IdeaPad 330-15ARR” merupakan notebook 15 inci dengan CPU AMD Ryzen.

Pembeli akan menerima prosesor Ryzen 3 2200U dari AMD, GPU Radeon RX Vega 3 terintegrasi, RAM 4 GB, dan HDD 1 TB dengan harga 5 sampai 6 jutaan saja.

Harga Lenovo IdeaPad 330 Ryzen 3 di Indonesia

Toko Online Rata-rata Harga
Shopee Rp6.200.000
Blibli Rp6.020.000
JD.ID Rp5.960.000
Bukalapak Rp6.100.000
Lazada Rp6.200.000

Harga dari Lenovo Ideapad 300 cenderung bervariasi tergantung dari tipe yang dipilih oleh pelanggan. Semakin tinggi kapasitas penyimpanan dan CPU yang tersedia, maka semakin naik harganya.

Spesifikasi

Nama Produk Lenovo IdeaPad 330-15ARR-81D2005 JGE
Prosesor AMD Ryzen 3 2200U 2 x 2.5 – 3.4 GHz
Tipe Memori DDR 3
Ukuran Display 15 inci, 1920 x 1080 pixel 141 PPI
Slot Memori 1 slot
Penyimpanan Seagate Mobile HDD 1 TB ST1000LM03, 1024 GB
Berat Produk 2.2 kg

Fitur Unggulan Lenovo Ideapad 330 Ryzen 3

Kesimpulan Review Lenovo IdeaPad 330 Ryzen 3
Lenovo IdeaPad 330 Review
  • Desain dan Konektivitas

Casing IdeaPad 330 terbuat dari plastik yang tampak stabil dan tersedia dalam warna abu-abu platinum, putih salju, biru tengah malam, cokelat, dan hitam onyx.  Pengerjaannya tampak sangat bagus tanpa ada yang perlu dikritik.  Tutup notebook Lenovo juga sangat stabil dan hanya akan melengkung di bawah tekanan tinggi.

Berat unit dasar cukup tinggi untuk memungkinkan penghuna membuka perangkat dengan satu tangan. Pelat bawah IdeaPad 300 juga memiliki slot RAM gratis yang tersembunyi di bawah lembaran logam, yang berarti pengguna dapat memperluas memori kerja jika diinginkan.

Sebelum membuka casing, pastikan drive DVD-RW opsional telah dilepas. Lenovo hanya menyertakan port yang paling diperlukan, meskipun ada port USB Type-C, yang memberi akses untuk menghubungkan stasiun dok dengan port lebih lanjut.

  • Perangkat Input

IdeaPad 330-15ARR dilengkapi dengan keyboard yang bagus.  Tombolnya memiliki titik tekanan yang kuat dan permukaannya menawarkan cengkeraman yang cukup.  Pengguna dapat mengetik dengan sangat senyap, yang berarti perangkat dapat dengan mudah digunakan di lingkungan yang tenang.

Adapun pengganti mouse IdeaPad 330 berbentuk ClickPad.  Permukaannya yang halus memungkinkan navigasi yang baik, tetapi sayangnya touchpad berada cukup longgar di penutupnya dan mengeluarkan suara berderak.  Oleh sebab itu pengguna dianjurkan untuk lebih berhati-hati.

  • Tampilan – layar Full HD

Layar Lenovo IdeaPad 330-15ARR adalah panel IPS berukuran 15 inci dengan resolusi 1920×1080 piksel.  Dengan kata lain perangkat ini juga dapat dilengkapi dengan panel HD dengan piksel 1366×786.  Kecerahan rata-rata sangat rendah sekitar 200 cd/m² tetapi masih jelas visualisasinya.

Lenovo IdeaPad 330 -15ARR memiliki rasio kontras di bawah standar 389:1 dan peningkatan nilai hitam 0,58 cd/m².  Hal ini membuatnya sulit untuk membedakan dengan jelas antara warna sementara konten hitam tampaknya memiliki lapisan abu-abu di atasnya.

Kecerahan layarnya cukup untuk mengenali konten di tempat teduh. Stabilitas sudut pandang sangat baik dari samping tetapi agak mengecewakan jika dari atas atau bawah.  Dari sudut ini, kecerahan berkurang dengan cepat, dan warna tampak terbalik.

  • Performa dan Prosesor

Konfigurasi unit Lenovo IdeaPad 330 cocok untuk aplikasi multimedia kantor yang sederhana.  AMD Ryzen 3 2200U dan Radeon RX Vega 3 terintegrasi dapat menangani streaming video dan pengetikan harian tanpa kesulitan. Lenovo 330 juga tersedia versi RAM 4 GB dan HDD 1 TB.  Pengguna juga dapat memainkan game kasual, tetapi tidak mungkin memainkan game yang berat.

Lenovo telah melengkapi IdeaPad 330 dengan prosesor dua inti seluler Ryzen 3 2200U dari AMD.  Oleh sebab itu ia mendukung RAM dua saluran dan termasuk unit grafis terintegrasi Radeon RX Vega 3. Konsumsi CPU yang dapat disesuaikan ini membuatnya sangat cocok untuk notebook tipis dan ringan. Kinerja maksimumnya sangat bergantung pada sistem pendingin masing-masing model.

  • Kinerja Sistem

Lenovo IdeaPad 330 juga berkinerja di bawah rata-rata dalam benchmark PCMark 8 Home.  Hasilnya secara signifikan lebih rendah daripada perangkat yang sebanding. Hal ini disebabkan karena HDD bawaan dan RAM saluran tunggal yang dimilikinya.

Namun pengguna tidak perlu khawatir. Memutakhirkan hard drive ke SSD dan menyediakan lebih banyak memori kerja akan meningkatkan kinerja sistem secara signifikan.

Lenovo telah menggunakan HDD dengan kapasitas 1 TB dalam konfigurasi IdeaPad 330 yang lebih terjangkau. Kecepatan tulis dan baca hard drive yang lebih lambat semakin diperlambat dengan kecepatan rendah 5400 RPM. Perangkat sebanding dengan harga serupa yang dilengkapi dengan SSD secara signifikan bisa bekerja lebih cepat.

Selain itu AMD Radeon RX Vega 3 hanya cocok untuk bermain game hingga batas tertentu.  Meskipun game kasual dapat dimainkan dengan mudah dan game lama seperti BioShock Infinite, namun Lenovo Ideapad 330 dapat berjalan lancar pada setelan grafis terendah. Lenovo IdeaPad 330 bisa digunakan dalam konfigurasi game ringan, bukan digunakan untuk game yang lebih menuntut kerja keras sistem.

  • Sistem dan Speaker

Lenovo IdeaPad 330 sangat tenang.  Perangkat ini benar-benar sunyi saat idle dan kipas bekerja dengan berdengung ringan di bawah bebannya.  Drive DVD-RW juga tidak mengganggu dan bahkan tidak sekeras kipas pendingin notebook pada umumnya.

Sementara itu speaker IdeaPad 330 menawarkan volume rata-rata dan suara yang relatif tidak seimbang. Besaran frekuensi individu sangat bervariasi, yang menciptakan pola suara yang tidak teratur.

Selain itu, pengguna dapat mendengar sedikit vibrasi saat speaker dinaikkan tinggi.  Namun, sulit untuk menemukan speaker yang lebih baik dalam kisaran harga ini.

Oleh sebab itu pengguna disarankan untuk menghubungkan headphone atau speaker eksternal ke perangkat notebook.

  • Waktu Pengoperasian Baterai

Lenovo IdeaPad 330 hanya mencapai hasil di bawah standar dalam uji Wi-Fi praktis. Dengan pemakaian atau pengoperasian wajar, Lenovo IdeaPad 330 runtime di bawah 2:30 jam.  Biasanya perangkat serupa yang dilengkapi dengan Ryzen 3 2200U berhasil bekerja hingga satu jam lebih lama.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo IdeaPad 330

Kelebihan

  • Port USB Tipe-C
  • Pembaca kartu 4-in-1
  • Keyboard yang bekerja dengan nyaman
  • Drive DVD-RW yang sangat tenang

 Kekurangan

  • KlikPad yang keras
  • Rungime baterai yang pendek
  • HDD lambat
  • Kecerahan tampilan yang rendah
  • PWM pada frekuensi rendah

Kesimpulan Lenovo IdeaPad 330 Review

Lenovo IdeaPad 330 Review
Lenovo IdeaPad 330 Review

Lenovo IdeaPad 330 memberikan kesan yang cukup bagus sebagai notebook sehari-hari. Adanya port USB Type-C modern, pemilihan port yang layak, dan drive optik jelas merupakan poin plus.

Hal ini tentu menjadi penting terutama jika pengguna mempertimbangkan harganya.  Performa CPU Ryzen juga cukup memadai dan memungkinkan sistem berjalan dengan lancar.

Perangkat ini dapat menangani sebagian besar aplikasi kantor dan game ringan. Calon pembeli juga harus menyadari fakta bahwa ClickPad bergetar dan HDD 1 TB memperlambat sistem secara signifikan.

Meskipun yang terakhir dapat ditukar dengan SSD, pembeli notebook yang terjangkau mungkin ingin menghindari biaya tambahan yang diperlukan.  Selain itu, kinerja Ryzen 3 2200U tidak mencapai potensi penuhnya.

Baca juga : Review Mouse Logitech M331

Leave a Comment